cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
ISSN : 18584543     EISSN : 26156091     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2018): Juli 2018" : 15 Documents clear
Penerapan Penilaian Diri untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa dalam Pembelajaran Matematika Jihan Auliya; Gusti Ayu Mahayukti; I Nyoman Gita
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2018): Juli 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v2i2.14022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan efikasi diri siswa dalam pembelajaran matematika, dan (2) tanggapan siswa terhadap penerapan strategi penilaian diri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 3 Singaraja sebanyak 27 orang siswa pada semester genap Tahun Ajaran 2017/2018. Data efikasi diri siswa dikumpulkan menggunakan kuesioner efikasi diri, dan tanggapan siswa dikumpulkan menggunakan angket tanggapan siswa. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor efikasi diri siswa mengalami peningkatan sebesar 8,53 dari 77,07 pada siklus I menjadi 85,6 pada siklus II, dan sebesar 2,9 dari 85,6 pada siklus II menjadi 88,5 pada siklus III, serta rata-rata skor tanggapan siswa telah berada dalam kategori sangat positif. Peningkatan efikasi diri siswa terjadi karena guru lebih menekankan pada: (1) memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat melakukan penilaian diri yang sangat efektif bagi siswa, (2) pemberian bimbingan dan motivasi kepada siswa agar semakin percaya diri dalam pembelajaran matematika.
PENINGKATAN MINAT BACA DAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS ANAK DI RUMAH BACA BANDUNG Mustangin Mustangin
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2018): Juli 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v2i2.14464

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aktivitas yang dikembangkan oleh rumah baca di Rita Home Library dalam menumbuhkan minat baca dalam rangka pembentukan karakter anak. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif, dengan melakukan wawancara mendalam dan mengkaji dokumen yang terkait. Temuan penelitian menunjukkan bahwa di Rita Home Library berpusat pada peningkatan fokus bahasa inggris sehingga buku yang disajikan lebih banyak buku bahasa inggris, selain itu rumah baca di Rita Home Library menggabungkan antara perpustakaan rumah dan Pendidikan Nonformal yang sifatnya sukarela yaitu  pembelajaran bahasa inggris di hari jumat dan minggu. Sehingga hal tersebut yang banyak menarik anak-anak untuk membaca di Rita Home Library. Dan akhirnya, model yang dilakukan pada rumah baca di Rita Home Library dapat menjadi acuan dalam mengembangkan model rumah baca untuk dapat menarik anak untuk berkunjung dan senang membaca.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COPERATIVE SCRIPT DAN KEMAMPUAN BERPIKIR HISTORIS TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SMA NEGERI 2 KOTO XI TARUSAN KABUPATEN PESISIR SELATAN PROVINSI SUMATERA BARAT Ibnu Habib Alwahid; Sarkadi Sarkadi; Umasih Umasih
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2018): Juli 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v2i2.14509

Abstract

AbstractThis study aims to find and obtain empirical data the influence of cooperative script learning methods and the ability to think historically on the outcomes of SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan Pesisir Selatan Regency in the Lesson Year 2017/2018. This research took place from February 2018 to March 2018. The method used in this research is the experimental method with design treatment by level 2x2. In this study the instruments used are for the ability of historical thinking and learning outcomes are bebrbentuk multiple choice test. The results of this study indicate that: 1) the result of learning history of students who follow cooperative script learning method is higher than students who follow the conventional learning method, 2) terrdapat interaction effect between learning methods with the ability to think historically on student learning outcomes, 3) students who are given cooperative script learning method with higher historical thinking ability than students given conventional learning method with high historical thinking ability. 4) the result of student history learning given cooperative script learning method with having low historical thinking ability lower than students are given conventional learning methods with low historical thinking ability.Keywords: Historical learning result, cooperative script learning method, historical thinking abilityAbstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatan data yang empiris pengaruh metode pembelajaran cooperative script dan kemampuan berpikir historis terhadap hasil belajar SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Pada Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini berlangsung dari bulan februari 2018 sampai Maret 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain treatment by level 2x2. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah untuk kemampuan berpikir historis dan hasil belajar adalah bebrbentuk tes pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar sejarah siswa yang mengikuti metode pembelajaran cooperative script lebih tinggi dari siswa yang mengikuti metode pembelajaran konvensional, 2) terrdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran  dengan kemampuan berpikir historis terhadap hasil belajar siswa, 3) hasil belajar sejarah siswa yang diberikan metode pembelajaran cooperative script dengan memiliki kemampuan berpikir historis tinggi lebih tinggi dari siswa yang diberikan metode pembelajaran konvensional dengan memiliki kemampuan berpikir historis tinggi.4) hasil belajar sejarah siswa yang diberikan metode pembelajaran cooperative script dengan memiliki kemampuan berpikir historis rendah lebih rendah dari siswa yang diberikan metode pembelajaran konvensional dengan memiliki kemampuan berpikir historis rendah. Kata Kunci : Hasil belajar sejarah, Metode pembelajaran cooperative script, Kemampuan berpikir historis
PENGGUNAAN MODEL GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN COMUNICATING SISWA KELAS 4 SD Aulia Rahma wati
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2018): Juli 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v2i2.14572

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan comunicating siswa melalui penerapan model pembelajaran Group To Group Exchange (GGE). Teknik pengumpulan data untuk mengukur kemampuan comunicating siswa menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata kemampuan comunicating pra siklus sebesar 20.36. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 59.31 dan pada siklus II 75.28. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan comunicating siswa melalui penerapan model pembelajaran GGE. Besarnya peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 27%.Kata kunci: Group To Group Exchange (GGE), Kemampuan Comunicating
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA KONKRIT DALAM UPAYA PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA TEMA7 SUBTEMA 1 KELAS 4 Chinda Hibatul Buda
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2018): Juli 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v2i2.14636

Abstract

ABSTRACTThe research was carried out in order to improve the processes and outcomes of learning with media concrete on the charge on IPA Theme 7 subtema 1. The research was carried out on May 7-May 16, 2018 at 4th grade Student Affairs Tegalrejo 01 school year 2017/2018. This type of research using research action class. The percentage of observations of teachers has increased from 53% to cycle pre 72.5% in cycle I and 85.5% in cycle II. Students experience increased activity of pre cycle 51.67% to 71.66% in cycle I and 86.5% in cycle II. Student learning outcomes on pre cycle amounted to 11 students with a percentage of 40.74%, and not completely 16 students with percentages of 59.26%. After doing a repair on the cycle I increase that is 19 students complete with a percentage of 70.37% and 8 students not finished with a percentage of 29.63%, the result of the repair cycle I have yet to achieve the attainment of indicators i.e. 80% ketuntasan, then in to perform a repair cycle II. After the execution of the cycle II an increase in  23 students finished with a percentage of 85.19% whereas students who do not complete amounted to 14.81 percentage people with 4%. Thus improvements with the Model of Problem Based Learning with concrete media can say successful because the results of learning objectives i.e. the percentage of 80%.Keyword: Problem Based Learning, Concrete Media, processes and Outcomes of learning, science
KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS 4 SEKOLAH DASAR miftah nugroho
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2018): Juli 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v2i2.15003

Abstract

ABSTRAKLatar belakang penelitian ini adalah adanya keragu-raguan peneliti antara model pembelajaran Discovry Learning dengan model pembelajaran Problem Solving. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan menggunakan desain noneequivalent control grub desaign. Pengumpulan data mengunakan tekhnik pretest dan posttest. Subjek dalam penelitan ini adalah siswa kelas 4 SDN Musuk 01, kelas 4 SDN Musuk 02, dan kelas 4 SDN Kembangsari 01 berjumlah 81 siswa. Tekhik analisis data menggunakan uji ANCOVA. Kata Kunci: Model Discovery Lerning, problem Solving, hasil belajar.
PENGGUNAAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTU MEDIA GAMBAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA TEMA 7 “PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN” SISWA KELAS 5 SDN KECANDRAN 01 SALATIGA wiwit tri setyowati; nyoto Harjono; gamaliel septian airlanda
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2018): Juli 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v2i2.15263

Abstract

Penelitian dilakukan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar dengan berbantuan media gambar pada muatan IPA yang ada di Tema 7 subtema 2 dan 3. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 7 Mei-19 Mei 2018 oleh siswa SD Negeri kecandran 01 Salatiga  kelas 5 semester II tahun ajaran 2017/2018. Penelitian yang digunakan ialahpenelitian tindakan kelas. Persentase hasil pengukuran kreativitas siswa mengalami mengalami peningkatan dari prasiklus dengan presentase 40%  di siklus I meningkat menjadi 80%. Persentase penilaian kreativitas meningkat menjadi 90% setelah dilakukan tindakan siklus ke II. Hasil belajar di prasiklus siswa yang dinyatakan  tuntas berjumlah 13 siswa dengan persentase 43%, dantidak tuntas 17 siswa dengan persentase 57%. Setelah melakukan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan ketuntasan yaitu 18 siswa tuntas dengan persentase 60% dan 12 siswa tidak tuntas dengan persentase 40%, hasil dari perbaikan siklus I belum mencapai indikator pencapaian yakni 80% ketuntasan, maka di laksanakan perbaikan siklus II. Setelah pelaksanaan siklus II terjadi peningkatanketuntasan yaitu 26 siswatuntas dengan persentase 87% sedangkan siswa yang tidak tuntas berjumlah 4 orang dengan persentase 13%. Dengan demikian perbaikan pembelajaran dengan Model Student  Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Gambar bisa ditarik kesimpulan berhasil karena hasil belajar meningkat mencapai tujaun yakni persentase 80%.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS 4 Wahyu Puji Astuti
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2018): Juli 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v2i2.15349

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap kemampuan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas 4 SD. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu. Uji prasyarat menunjukan kedua kelompok homogen dan berdistribusi normal. Uji T menggunakan uji t Independent Sample Test menunjukan t hitung > t tabel yaitu 10,148 > 2,0281 dan signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan adanya  perbedaan efektivitas yang signifikan. Selanjutnya dilakukan uji normalitas gain yang menunjukan bahwa model Problem Based Learning lebih efektif dibanding model Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kreatif. 
INFLUENCE OF GADGET USAGE AND PARENT INVOLVEMENT TO CHILDREN'S PROSOCIAL BEHAVIOR ALIF LAINI
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2018): Juli 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v2i2.15366

Abstract

This expo facto research aims to see the effect of gadget usage and parent involvement on child prosocial behavior with sample of 80 parent of child. This research was done by data collecting technique used in research using questionnaire on each variable X1, X2 and Y. In variable X1 (use of gadget) while variable X2 (parent involvement) and for variable Y (prosocial behavior). Data analysis technique in this research is quantitative data analysis. The results show that overall the level of prosocial behavior of low gadget usage (A2) is higher than the use of high gadget (A1), there is an interaction between the use of gadgets with parental involvement on child's prosocial behavior, there is a difference in behavioral level prosocial use of low gadget (A2) parental involvement high (B1) higher than high prosocial use behavior (A1) high parental involvement (B1), there is a difference in behavior level prosocous low use gadget (A2) high parental involvement (B1) higher than prosocial behavior of low gadget usage (A2) low parental involvement (B1).
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V Indra Purnawan
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2018): Juli 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v2i2.15404

Abstract

This study aims to determine the significant differences in knowledge of science students using learning-assisted Problem Based Learning model of Animation media with students who are taught using conventional learning. This research type is quasi experiment with Nonequivalent control group design. Population in this research is all student of class V at SD Gugus I Gusti Ngurah Rai East Denpasar year lesson 2016/2017 which amounts to 293 person.Pen sampel sample in this research done by technique of Purposive Sampling, first drawing class that eligible then drawing result given pretest to determine equality. After the equivalent on the basis of the t test the drawback is made to determine the experimental and control class. Data collection in this research is done by test method to collect data of science knowledge competence of student. Data value posttest knowledge of IPA is analyzed using t test. Based on the result of hypothesis test with t test, obtained value tcount2,75> ttabel2,00 at 5% significant level with dk 65 there H0 rejected and Ha accepted. This shows that there was a significant difference of science knowledge competence between students who were taught through the model of Learning-based Intercourse with animation with students who were taught by conventional learning in grade V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai. In addition, based on the analysis with descriptive statistics obtained the average value of knowledge competence of science class of experiments 74.27> control class 68.09. Thus, it could be concluded that the application of Problem Based Learning model assisted by the media of Animation has an effect on the knowledge competence of science students of grade V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai East Denpasar academic year 2016/2017.

Page 1 of 2 | Total Record : 15